infokorter

info TKI korea terkini

Sabtu, 02 Februari 2013

BNP2TKI Buka Pendaftaran Ujian Calon TKI Korea Perikanan (fishing)

BNP2TKI,(02-02-2013) - BNP2TKI membuka pendaftaran ujian calon TKI sektor perikanan (fishing) yang akan dipekerjakan di Korea Selatan. Pendaftaran dibuka 3 hari mulai tanggal 6 Februari 2013 selama jam kerja di Gedung Korea-Indonesia Technical and Cultural Cooperation Center (KITCC) Jalan Pengantin Ali 71 Ciracas Jakarta Timur, telepon (021) 87793803.
Demikian disampaikan Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Deputi Bidang Penempatan BNP2TKI Haposan Saragih seusai mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) Kepala BNP2TKI dengan Komisi IX DPR di Jakarta, Kamis (31/1) - ''Ujian kecakapan bahasa Korea untuk calon TKI sektor perikanan ini berlaku umum. Ujian dilakukan berbasis komputer (CBT),'' katanya.
Pelaksanaan ujian kecakapan bahasa Korea untuk calon TKI perikanan(fishing) ini berdasarkan surat Human Resources Development Service of Korea (HRD Korea) Nomor EPST-260 tertanggal 30 Januari 2013 dan berdasarkan nota kesepahaman (MoU) antara Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI dan Kementerian Tenaga Kerja Republik Korea tentang pelaksanaan ujian khusus EPS-TOPIK CBT.
Persyaratan peserta ujian EPS TOPIK CBT calon TKI sektor perikanan ini usia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun (kelahiran antara 7 Febuari 1973 dan 6 Febuari 1995), tidak sedang atau pernah menjalani hukuman pidana, tidak memiliki catatan pernah dideportasi dari Korea Selatan, tidak sedang dicekal bepergian ke luar negeri, dan membawa fotokopi buku tabungan.
Peserta mendaftar langsung dengan membawa fotokopi paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan, membawa bukti setor pembayaran uang ujian dari Bank BRI (tidak lewat ATM) sebesar 24 dolar AS (Rp235.000) melalui rekening Bank BRI Nomor: 0862.01.006350.53.0 a/n Panitia Pelaksanaan EPS TOPIK, fotokopi KTP (KTP/Passpor) akan ditempel di lembar pendaftaran, pasfoto berukuran ukuran
3 x 4 cm dengan latar belakang putih (diambil dalam jangka waktu 6 bulan terakhir) sebanyak 2 lembar. Peserta juga membawa fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang dilegalisir dan ijazah asli untuk ditunjukkan ke panitia. Seluruh persyaratan dokumen pendaftaran tersebut dimasukkan ke dalam map hijau.
Peserta disarankan membuka nomor rekening bank atas nama diri sendiri (bagi yang belum memiliki buku tabungan) guna keperluan pengembalian uang pendaftaran apabila yang bersangkutan dinyatakan tidak dapat mengikuti ujian khusus EPS-TOPIK CBT Tahun 2013.
Peserta yang mengikuti ujian dan dinyatakan tidak lulus oleh HRD Korea atau berbuat kecurangan pada saat ujian tidak akan menerima uang pengembalian pendaftaran. Bila peserta mengundurkan diri dan telah membayar uang ujian, tidak akan mendapatkan pengembalian uang pendaftaran yang telah dibayarkan. Bila jumlah peserta yang mendaftar banyak sekali, jadwal ujian akan ditambah. Bila terdapat perbedaan data identitas pada paspor atau kartu tanda pengenal dengan identitas diri pada lembar pendaftaran (nama, tanggal lahir dan gender) maka proses penempatannya ke Korea akan dibatalkan.
Pengumuman hasil pendaftaran ujian pada 20 Febuari 2013 sedangkan pelaksanaan ujian 25 Februari - 15 Maret 2013. Pengumunan hasil ujian pada 22 Maret 2013 melalui www.bnp2tki.go.id, www.epstopik.com dan hrdkorea.or.kr

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | free website templates | Free Vector Graphics | Web Design Resources.